Kamis, 23 Oktober 2014

sejarah fisioterapi dunia dan indonesia

Sejarah Fisioterapi
oleh : Wiwin Anak Agung


Nama Bagus        :Glenohumeral articulation
NIM                     : 1402305012
Nama Kelompok : Shoulder

SEJARAH FISIOTERAPI


Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubh sepanjang rentang kehidupan (Keputusan mentri kesehatan Republik Indonesia, 2008). Fisioterapi atau Terapi Fisik secara bahasa merupakan teknik pengobatan dengan modalitas fisik (fisika).  beberapa modalitas fisik yang terdapat di pergunakan antara lain : listrik, suara, panas, dingin, magnet, tenaga gerak dan air.
Praktek fisioterapi atau terapi fisik sudah dimulai sejak abad 2500 SM di China berupa akupuntur dan berbagai teknik manual therapy. Penggunaan fisioterapi juga sudah tercatat dalam "Ayurveda" yang merupakan suatu sistem kedokteran paling tua dan sampai sekarang masih dipraktekkan dan diakui oleh India sebagai bagian dari sistem kesehatan negara. Pada kedokteran barat, tercatat pada tahun 460 SM, Hippocrates sudah menggambarkan massage dan hydrotherapy sebagai alternatif penyembuhan berbagai penyakit. Pada era modern, fisioterapi mulai banyak dikembangkan pada tahun 1896 di London yang pada mulanya bertujuan untuk meningkatkan mobilitas penderita yang dirawat inap di rumah sakit untuk menjaga kekuatan dan fungsi otot. Ilmu fisioterapi kemudian berkembang pesat dan mulai dilakukan standardisasi layanan dan profesi fisioterapi yang terutama didasarkan pada ilmu kedokteran modern. Pada tahun 1920 mulai dibentuk perkumpulan ahli fisioterapi di Inggris yang kemudian diikuti oleh berbagai negara lain. Perkembangan ilmu dan layanan fisioterapi juga dipengaruhi oleh perang dunia I dan II dimana pada saat tersebut dan paska perang terdapat peningkatan kebutuhan  perawatan dan rehabilitasi korban perang.
Arti istilah fisioterapi diseluruh dunia sangan beraneka ragam, tiap negara mencoba menggali jati diri profesi Fisioterapi menurut pemahaman masing-masing, sementara definisi fisioterapi koncensional yang masih menganggap ilmu dan seni pengobatan dengan memakai sumber fisis sudah tidak relevan lagi, Istilah Fisioterapi merupakan istilah asing yang telah di Indonesia-kan bukan diterjemahkan aslinya dari kata Physical Therapy(negara - negara Amerika) , Fisioterapi ( Indonesia),Physiotherapy (negara Eropa), Fysiotherapie ( Belanda ) adalah istilah-istilah yang pada hakekatnya sama mempunyai nilai nilai, konsep, paradigma, yang bersifat universal. Untuk menjaga kesamaan tersebut, Indonesia tidak menterjemahkan istilah tersebut menjadi terapi fisik, bahkan di Malaysia yang tadinya disebut " Juru Pulih Anggota" telah kembali kepada istilah Physiotherapy , demikian pula orang yagn telah berhak menjalankan pekerjaan Fisioterapi disebut Fisioteapis, Physioterapist, Physical Therapist, Fysioterapuet. Profesi fisioterapi telah berkembang demikian pesat di dunia, bahkan Fisioterapi merupakan salah satu dari 10 besar profesi yang berkembang di Amareika dalam dekade ini, setelah para pakar Fisioterapi dunia menggali jati diri ini menjadi konsep Fisioterapi baik apa itu Fisioterapi , apa itu fisioterapis, bagaimana pola pelayanannya, pola pendidikan serta bagaimana otonomi Fisioterapi sebagai suatu profesi. Karena perkembangan yang begitu cepat tersebut baik dalam perkembangan pelayanan mauoun dalam keilmuan serta perkembangan tuntutan masyarakat, ekonomi dan efisiensi dan lain sebagainya, setiap mencoba mencari jati diri yang tepat memungkinkan untuk berkembang sesuai dengan kaidah kaidah jari diri profesi fisioterapi. Indonesia dalam kongres nasional Ikatan Fisioterapi Indonesia VI di Solo tahun 1992 menyepakati suatu paradigma baru Fisioterapi yang dibangun dari falsafah - falsafah yang diyakini kebenarannya. Beberapa pakar dunia mencoba membuat definisi profesi fisioterapi yang pendekatan sisitematis baik menurut teori kajian falsafat ilmu maupun melihat dari perkembangan tuntuttan dan kebutuhan masyarakat masing masing negara. Keanekaragaman penggambaran fisioterapi ini merupakan issue yang mengemuka dalam kongres/general assemblu WCPT XII tahun 1991 di London yang kemudian membuat kelompok kerja untuk menyusun Draft Description of Physical Therapy. Demikian pula negara - negara lain, masing masing mencoba merumuskan definisi Fisioterapi se dunia ( World Confederation for Physical Therapy) XII di Washington DC Juni 1995 memutuskan jati diri Disiterapi yang berlaku di seluruh dunia. Bahkan keputusan-keputusan tersebut disertai suatu deklarasi yang berisikan pronsip -prinsip fisioterapi serta pernyataan posisi ( Declaration of Principle and Position Statement yang memungkinkan disioterapi berkembang secara cepet di seluruh Dunia.

Fisioterapi di Indonesia pada awalnya merupakan satu profesi (lebih tepatnya satu vokasi) kesehatan. Dimulai dari didirikannya Sekolah Perawat Physiotherapy di Solo tahun 1956 oleh Bapak Fisioterapi Indonesia Prof.dr. Soeharso (Alm). Beliau juga merupakan pioneer dalam keahlian bidang orthopedi melalui pendirian lembaga Orthopedi dan Prothese Solo. Lembaga ini merintis penanganan awal dari upaya rehabilitasi medik penderita cacat tubuh terutama pada cacat veteran korban revolusi fisik 1945 dan cacat anak akibat polio myelitis yang pada saat itu banyak terjadi. Baik untuk pelayanan pra bedah dan pasca bedah orthopedi jasa pelayanan fisioterapi sangat diperlukan.

47 komentar:

  1. jek 90 mantap jung....
    leave comment yaa di blog ku informasifisioterapi.blogspot.com di mari mengenal fisioterapi
    satu komen anda sangatlah berarti..
    terimakasih :)

    BalasHapus
  2. how creative u are,nilainya 90 gih jung :)

    BalasHapus
  3. tambah ilmu lagi dari jung, nilainya 90 sayang :3

    BalasHapus
  4. ada nama ilmiahnya jadi inget PSFK deh
    90 buat gung is

    BalasHapus
  5. Keren jung...tambah ilmu nih, 90 ya...

    BalasHapus
  6. keren nih jung, tak kasi hadiah 90 haha

    inget blog walking ke 
    http://ichigomachi.blogspot.com/2014/12/peran-fisioterapis-pada-bells-palsy.html
    dan tinggalkan comment juga ;)

    BalasHapus
  7. Nice Gung is...:)
    (90)

    BalasHapus
  8. waaa, infonya bermanfaat banget nih. 90 deh buat kamu

    BalasHapus
  9. Keren sekali blog nya. Sangat bermanfaat. 90 yaa gungis cntik

    BalasHapus
  10. Wah sangat bermanfaat... nilai 90

    Mampir Blog saya juga ya :)

    BalasHapus
  11. Jung is, G.O.O.D. J.O.B !! 90 Ngggiihh

    jangan lupa mampir ke blog saya yah ;) : http://dewisemariasih.blogspot.com/
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  12. 90 ...

    Jangan lupa kunjungi indra-soekamti.blogspot.com

    BalasHapus
  13. nice gung is, ditunggu lagi selanjutnya
    90 buat kamu dari aku ya

    BalasHapus
  14. terimakasih infonya yang sangat bermanfaat, 90 untuk jung:)

    BalasHapus
  15. goddddddddddd kerennn. kunjungi blog ku : bellaaulya.wordpress.com

    BalasHapus
  16. Makasih, Jung Is. Infonya sangat bermanfaat. 90 buat Jung Is. (Y) :)

    BalasHapus
  17. Makasih infonya, good job deh. Nilainya 90 ya, ditunggu postingan berikutnya. Semangaatttt!

    BalasHapus
  18. baru tau kalo fisioterapi itu sejarahnya sepanjang ini. mantap jungg. 90!!!

    BalasHapus
  19. Nice yaa 90 sangat bermaanfaat :*

    BalasHapus
  20. bagus blog nya calon fisio jung is :D 90 ya

    BalasHapus
  21. Makasi semua komennya teman-teman yang cantik-cantik dan ganteng -ganteng
    90 juga buat kalian semua :D wkwkwk

    BalasHapus